Perbedaan Algoritma dengan Program

Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang logis dan terbatas yang disusun secara sistematis dengan tujuan menyelesaikan suatu maalah tertentu. Sedangkan program adalah kumpulan intruksi berupa pernyataan yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman yang melibatkan pemilihan struktur data. Beberapa ahli di bidang komputer menyatakan bahwa program dengan formula program sama dengan algoritma ditambah bahasa program.

Bahasa pemrograman dan algoritma sangat berkaitan erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya. Apabila dihubungkan dengan program, maka pembuatan algoritna musti memperhatikan ha-hal berikut ini :

  • Pembuatan algoritma tidak bergantung pada bahasa pemrograman manapun.
  • Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
  • Apapun bahasa pemrogramannya, hasil yang dikeluarkan harus tetap sama.

Algoritma dibuat untuk membantu dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemrograman. Algoritma merupakan hasil dari pemikiran konseptual, supaya dapat dikerjakan oleh komputer, algoritma musti diterjemahkan ke dalam notasi bahasa pemrograman. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penerjemahan tersebut, yaitu :
Pendeklarasian Variabel
Variabel diperlukan oleh program dalam rangka menyimpan data inputan, memproses dan mendapatkan hasil komputasi.
Pemilihan Tipe Data
Setiap variabel memerlukan tipe data ketika dideklarasikan, maka gunakan tipe data yang sesuai dengan variabel tersebut.
Pemilihan Intruksi
Ada beberapa macam intruksi seperti sequence, selection dan repetition, urutan langkah dari algoritma menjadi salah satu atau beberapa intruksi tersebut.
Aturan Sintaksis
Saat menuliskan dalam bahasa pemrograman maka akan terikat dengan aturan sintaksis pada bahasa tersebut dan setiap bahasa pemrograman mempunyai aturan penulisan sintaksnya masing-masing.

Komputer merupakan mesin pemroses, agar dapat dikerjakan oleh komputer maka algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman berupa intruksi yang bisa dimengerti oleh komputer sehingga dapat dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implimentasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dijalankan oleh komputer. Setiap langkah di dalam program disebut pernyataan intruksi. Jadi program tersusunatas sederetan intruksi. Jika suatu intruksi dijalankan, maka operasi lainnya yag sesuai dengan intruksi tersebut dikerjakan oleh komputer.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like