Perbedaan Antara Data Flow Diagram (DFD) dan UML

Data Flow Diagram (DFD) vs UML

Representasi grafis tentang bagaimana data mengalir melalui suatu sistem disebut Data Flow Diagram (DFD). Mengembangkan DFD adalah salah satu langkah pertama yang dilakukan ketika mengembangkan sistem informasi. UML (Unified Modeling Language) adalah bahasa pemodelan yang digunakan dalam desain perangkat lunak berorientasi objek. Saat mengembangkan perangkat lunak berorientasi objek, UML digunakan untuk menentukan dan memvisualisasikan komponen yang membentuk sistem perangkat lunak. Diagram UML terutama mewakili pandangan struktural dan pandangan perilaku suatu sistem.

Apa itu Data Flow Diagram (DFD)?

DFD adalah representasi grafis tentang bagaimana data mengalir melalui suatu sistem. Mengembangkan DFD adalah salah satu langkah pertama yang dilakukan ketika mengembangkan sistem informasi. DFD menampilkan detail seperti data yang masuk dan keluar dari sistem, bagaimana data dilakukan melalui sistem dan bagaimana data akan disimpan dalam sistem. Tetapi DFD tidak mengandung informasi tentang informasi waktu dari proses. Komponen utama yang termasuk dalam DFD adalah proses, penyimpanan data, aliran data, dan entitas eksternal. Saat mengembangkan diagram DFD, level konteks DFD digambar terlebih dahulu. Ini menampilkan bagaimana seluruh sistem berinteraksi dengan sumber data eksternal dan data tenggelam. Selanjutnya DFD Level 0 dikembangkan dengan memperluas DFD level konteks. Level 0 DFD berisi perincian sub-sistem di dalam sistem dan bagaimana data mengalir melaluinya. Ini juga berisi perincian tentang penyimpanan data yang diperlukan dalam sistem. Yourdon & Coad dan Gane & Sarson adalah dua notasi yang digunakan untuk menggambar DFD.

Apa itu UML??

UML adalah bahasa pemodelan yang digunakan dalam desain perangkat lunak berorientasi objek. UML menyediakan kemampuan untuk menentukan dan memvisualisasikan komponen yang membentuk sistem perangkat lunak. Diagram UML terutama mewakili pandangan struktural dan pandangan perilaku suatu sistem. Tampilan struktural sistem diwakili menggunakan diagram seperti diagram kelas, diagram struktur komposit, dll. Tampilan dinamis sistem diwakili menggunakan diagram seperti diagram urutan, diagram aktivitas, dll. Versi UML 2.2 mencakup empat belas diagram, yang mencakup tujuh diagram untuk mewakili pandangan struktural dan tujuh lainnya mewakili pandangan perilaku. Di antara tujuh diagram perilaku, empat diagram dapat digunakan untuk mewakili interaksi dengan sistem. Ada alat yang dapat digunakan untuk pemodelan UML seperti IBM Rational Rose.

Apa perbedaan antara Data Flow Diagram (DFD) dan UML?

DFD adalah representasi grafis tentang bagaimana data mengalir melalui sistem, sedangkan UML adalah bahasa pemodelan yang digunakan dalam desain perangkat lunak berorientasi objek. UML menetapkan kelas diagram yang dapat digunakan untuk memodelkan struktur dan perilaku sistem perangkat lunak. Oleh karena itu diagram UML, bila digabungkan mewakili tampilan sistem yang lebih rinci daripada hanya menggunakan DFD. DFD memberikan titik awal yang baik untuk memahami bagaimana sistem sebenarnya bekerja tetapi ketika mengembangkan sistem, diagram UML seperti diagram kelas, diagram struktur, dll. Akan sangat berguna.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More

Download Materi UML.PPT

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan…